WMRX UNTUK TAMPILAN TERBAIK GUNAKANLAH GOOGLE CHROME VERSI TERBARU DAN KECEPATAN INTERNET DIATAS 20KB/S | PLEASE LEAVE COMMENT | THANKS FOR VISITING MY BLOG

Selasa, 03 Juli 2012

Parasit dari Kucing yang Bikin Orang Jadi Ingin Bunuh Diri



Ada idiom yang bilang bahwa ketika stres, sebaiknya belailah kucing. Hewan peliharaan yang banyak ditemui di kampung-kampung di Indonesia ini memang lucu dan menggemaskan. Di balik keimutannya itu, kucing memiliki parasit yang bisa membuat manusia berisiko melakukan upaya bunuh diri.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang terinfeksi parasit Toxoplasma gondii (T. gondii) meningkat risikonya melakukan upaya bunuh diri. Parasit ini disebarkan karena menyentuh kotoran kucing, makan daging yang kurang matang atau sayuran yang belum dicuci

Sekitar sepertiga dari populasi dunia terinfeksi parasit yang bersembunyi dalam sel otak dan otot. Parasit ini seringkali tidak menimbulkan gejala. Infeksi toxoplasma atau disebut juga Toksoplasmosis telah diketahui memicu penyakit mental seperti skizofrenia dan perubahan perilaku.

"Kita tidak bisa mengatakan dengan pasti bahwa T. gondii membuat wanita mencoba bunuh diri, tapi kami menemukan hubungan prediktif antara infeksi dan usaha bunuh diri di kemudian hari. Kami berencana untuk mendalami penelitian kami menjadi hubungan sebab akibat," kata Dokter Teodor Postolache, profesor psikiatri di University of Maryland School of Medicine di Amerika Serikat seperti dilansir Telegraph, Selasa (3/7/2012).

Sekitar satu juta orang melakukan bunuh diri dan 10 juta orang berupaya mengakhiri hidupnya di seluruh dunia setiap tahun. Penelitian yang dilakukan dr Postolache ini adalah penelitian terbesar yang menganalisis hubungan antara infeksi T. gondii dengan keinginan bunuh diri.

Dalam laporan yang dimuat jurnal Archives of General Psychiatry, peneliti mencermati daftar kesehatan di Denmark untuk menentukan apakah ada wanita yang terinfeksi kemudian mencoba bunuh diri, baik menggunakan senjata, alat tajam dan melompat dari tempat tinggi. Peneliti menganalisis data lebih dari 45.000 orang wanita di Denmark.

Penelitian menemukan bahwa wanita yang terinfeksi T. gondii memiliki kemungkinan satu setengah kali lebih tinggi berusaha bunuh diri dibandingkan yang tidak terinfeksi HIV. Risiko ini tampaknya meningkat seiring dengan meningkatnya tingkat antibodi T. gondii.

Parasit T. gondii tumbuh subur di usus kucing dan menular melalui ookista yang dikeluarkan bersama kotoran. Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi parasit ini karena mengkonsumsi ookista. Parasit ini menyebar ke otak dan otot, bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh dalam 'kista' di dalam sel.

Manusia umumnya terinfeksi ketika membersihkan kotak kotoran kucing yang terinfeksi, makan sayuran yang belum dicuci, minum air dari sumber yang terkontaminasi, atau makan daging setengah matang bahkan mentah yang penuh dengan kista.

Tidak mencuci pisau dapur setelah mengolah daging mentah sebelum menggunakannya untuk bahan makanan lain juga bisa menyebabkan infeksi. Wanita hamil dapat menularkan parasit langsung ke bayinya yang belum lahir. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menyentuh kotak kotoran kucing agar terhindar dari infeksi. Bayi tidak menghasilkan antibodi untuk melawan T. gondii selama 3 bulan setelah dilahirkan.


0 komentar:

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

 
Copyright© 2011 WMRX - Berbagi Berbagai Informasi
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net