WMRX UNTUK TAMPILAN TERBAIK GUNAKANLAH GOOGLE CHROME VERSI TERBARU DAN KECEPATAN INTERNET DIATAS 20KB/S | PLEASE LEAVE COMMENT | THANKS FOR VISITING MY BLOG

About Me

Selasa, 29 November 2011

Hacker Susupi 600.000 Akun Facebook Tiap Harinya


Pernahkah akun Facebook Anda disusupi seseorang/hacker? Jika ya maka akun Anda bukanlah satu-satunya yang pernah dipakai login oleh pihak yang tidak berwenang.

Facebook baru-baru ini menerbitkan postingan infographic lewat blognya. Dalam postingan itu disebutkan kalau ada ratusan ribu akun pengguna Facebook yang coba disusupi hacker setiap harinya. Tepatnya ada lebih dari 600.000 akun yang coba dibobol penjahat cyber dengan berbagai motif dan tujuan, antara lain untuk mengakses pesan, foto dan informasi pribadi lainnya.

Fakta yang diungkapkan Facebook ini menunjukkan bagaimana hacker mencoba membombardir Facebook setiap harinya. Senior konsultan teknologi Sophos, Graham Cluley, menambahkan bahwa ketika sebuah akun Facebook berhasil diambil alih/disusupi, maka seseorang (hacker) bisa memposting gambar, mengirim pesan dan mengakses semua informasi si pengguna Facebook.

Alasan paling umum mengapa hacker membobol akun Facebook adalah agar mereka bisa menyebar scam (penipuan) dan mengirimkan penawaran palsu ke teman-teman Anda dengan tujuan untuk menjual barang palsu dan mendapatkan keuntungan finansial. Selain itu, banyak pula remaja yang akun Facebook-nya dibobol lalu dimanfaatkan untuk mengirim foto dan pesan berbahaya untuk menjaring lebih banyak korban.
Menurut Cluley, saat ini sangat mudah menyusupi akun Facebook sebab 30 persen pengguna internet menggunakan password yang sama untuk beberapa layanan sekaligus sehingga hacker dengan mudah dapat mengambil alih identitas seseorang.

Facebook sendiri mengungkap data tersebut menyusul diumumkannya fitur keamanan teranyar mereka yang akan segera diluncurkan yaitu “Trusted Friends”. Melalui fitur ini, pengguna Facebook bisa mencalonkan tiga sampai lima temannya yang benar-benar bisa dipercaya, yang nantinya dapat membantu jika Anda tidak bisa mengakses akun Anda. Misalnya, ada orang lain yang membajak akun Anda dan tidak dapat mengakses akun email Anda, maka Facebook akan mengirim kode rahasia ke teman Anda tadi sehingga mereka bisa menyampaikannya kepada Anda.

Namun perlu diingat, tidak ada sistem yang seratus persen aman. Jadi Anda juga harus menerapkan kebiasaan berinternet yang bijak,  diantaranya: menggunakan password yang sulit ditebak, tidak sembarangan mengklik link yang ditawarkan di Facebook meski itu dari teman dan rutin mengupdate software antivirus Anda.





Sumber: Telegraph

0 komentar:

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

 
Copyright© 2011 WMRX - Berbagi Berbagai Informasi
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net