WMRX UNTUK TAMPILAN TERBAIK GUNAKANLAH GOOGLE CHROME VERSI TERBARU DAN KECEPATAN INTERNET DIATAS 20KB/S | PLEASE LEAVE COMMENT | THANKS FOR VISITING MY BLOG

About Me

Sabtu, 15 Oktober 2011

Malam Ini Bulan Berdampingan dengan Jupiter

 Fenomena angkasa menarik terjadi mulai malam ini, Jumat 14 Oktober 2011. Bulan akan bersinar terang, berdampingan dengan planet terbesar di tata surya, Jupiter -- yang berada dalam jarak terdekatnya dengan Matahari. 




"Jadi memang pada malam ini, Bulan, Jupiter berada pada posisi oposisi. Artinya posisi Bulan atau Jupiter  berlawanan arah Matahari sehingga terlihat purnama," kata Profesor riset astronomi-astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin saat dihubungi Jumat malam.

Jupiter, tambah dia, akan nampak seperti bintang yang sangat terang. "Walaupun sebenarnya agak terganggu cahaya Bulan," tambah dia.

Thomas menambahkan, fenomena ini akan terlihat sepanjang malam. "Sejak matahari terbenam sampai jelang terbit kembali." Faktor cuaca akan mempengaruhi penampakan itu.

Bulan malam ini saja manusia bisa melihat Bulan dan Jupiter berdampingan. "Baik pada malam ini, kemudian sehari sampai dua hari mendatang. Tentu saja ada pergeseran, karena Bulan lebih cepat bergeser dibandingkan Jupiter."

Sementara, seperti dimuat laman The Christian Science Monitor, jika tetap mengamati fenomena ini sepanjang malam, publik akan melihat Bulan dengan perlahan menarik diri dari Jupiter -- sekitar satu diameter bulan per jam.

Sekitar pukul 01.00, Bulan akan terlihat melayang tinggi di kiri atas Jupiter.  Lalu, saat pagi menjelang, Bulan akan terlihat menggantung tinggi dan hampir berada di atas Jupiter.

0 komentar:

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts

 
Copyright© 2011 WMRX - Berbagi Berbagai Informasi
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net